Mengapa ada Mimpi Indah dan Buruk? Apakah Mimpi Memiliki Arti?


Setiap manusia pasti mengalami mimpi saat sedang tidur, entah itu mimpi yang buruk atau yang baik. Bahkan mimpi yang bisa diingat atau yang bisa langsung dilupakan. Hingga saat ini, penelitian mengenai mimpi masih terus dilakukan oleh para ilmuwan.

Apa Itu Mimpi?

Mimpi adalah gambaran, emosi, dan pikiran manusia yang terjadi selama waktu tidur. Mimpi biasanya terjadi pada saat fase REM( Rapid Eye Movement). Pada tahapan ini, napas menjadi lebih cepat dan tidak teratur, serta mata bergerak ke segala arah dengan cepat.

Mimpi bisa saja terjadi sangat emosional, membingungkan, samar, singkat, aneh, menyenangkan, dan menakutkan. Mimpi ada yang memiliki jalan cerita dan ada juga yang menunjukkan sesuatu yang aneh atau tak masuk akal. Hal ini terjadi karena yang mengatur mimpi adalah bagian emosional otak, bukan bagian otak yang berpikir secara logis.

Menurut Sigmund Freud, seorang pakar psikoanalisis mimpi adalah gagasan dari sisi emosional yang tertekan. Artinya, mimpi merupakan keinginan manusia yang tidak tersampaikan dan terselesaikan di kehidupan nyata sehingga muncul dalam kondisi berupa potongan-potongan gambar ketika sedang tertidur. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terjadi hubungan secara emosional antara kehidupan nyata dengan kehidupan alam bawah sadar mimpi.

Mengapa Ada Mimpi Indah dan Buruk?

Mimpi dapat berupa mimpi yang indah maupun yang buruk. Ahli dari Washington State University menjelaskan bahwa mimpi indah atau buruk terjadi karena kamu mengalami atau memikirkan sesuatu hal sebelum tidur. Jadi, jika kamu mengalami atau memikirkan suatu hal yang menyenangkan di siang harinya atau sebelum tidur, maka kemungkinan kamu akan bermimpi indah. Sebaliknya, jika kamu mengalami atau memikirkan suatu hal yang buruk sebelum tidur hingga membuat kamu mengalami kecemasan, maka kemungkinan kamu akan bermimpi buruk. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mimpi terbentuk dari potongan informasi atau kejadian yang kamu alami secara emosional di kehidupan nyata sehingga otak akan mengolah hal tersebut saat kamu tertidur.

Apakah Mimpi Memiliki Arti?

Sebagian orang percaya bahwa mimpi memiliki arti. Karena itu, banyak orang yang ingin mengetahui apa arti dari mimpi yang dialaminya. Bagaimana menafsirkan makna dari mimpi memang merupakan hal yang menarik dan dapat menjadi perdebatan.

Beberapa psikolog berpendapat bahwa mimpi memberikan wawasan mengenai jiwa atau kehidupan sehari- hari manusia dan mempunyai keterkaitan yang erat dengan pengalaman nyata yang pernah dialami di kehidupan nyata. Namun, beberapa psikolog lainnya ada yang berpendapat bahwa mimpi itu tidak konsisten, tidak memiliki konsep, dan berubah- ubah sehingga membingungkan untuk mengetahui makna dari mimpi.

Sampai saat ini, mimpi masih menyimpan banyak misteri bagi manusia. Terdapat banyak perbedaan pendapat mengenai apa itu mimpi sebenarnya. Namun, kemungkinan besar mimpi berkaitan dengan suasana hati dan pikiran manusia sebelum tidur.