Cara Mengembangkan Usaha Kecil di Era Digital Tahun 2022


Cara Mengembangkan Usaha Kecil di Era Digital Tahun 2022- Era digital menandai era baru dalam bisnis. Misalnya, Internet memberi pemasar cara baru untuk mempromosikan produk atau layanan perusahaan mereka kepada pelanggan. Ini juga memberi peluang baru untuk memperoleh pendapatan tambahan. Sementara merek besar memiliki situs eCommerce skala besar dan kampanye pemasaran digital, namun ada banyak sekali perusahaan kecil yang belum sepenuhnya memanfaatkan inovasi baru ini. 

Pekerjakan Orang untuk Membantu Menaikkan Usaha Kecil Anda

Artikel terbaru ini akan berbagi tentang cara mengembangkan Usaha Kecil di era digital. Meskipun sangat memungkinkan untuk mengembangkan usaha Anda sendiri, melakukannya adalah sebuah proses yang sangat panjang dan sangat lambat. Karena kemungkinan besar Anda tidak menginginkannya, Anda harus mengatur tim yang akan membantu Anda menjalankan strategi pertumbuhan yang solid.  

Misalnya, mempekerjakan asisten virtual dapat membebaskan Anda dari melakukan tugas-tugas biasa. Sebaliknya, Anda dapat menghabiskan waktu Anda untuk upaya yang lebih menguntungkan seperti merencanakan dan menerapkan strategi promosi Anda. Asisten virtual menawarkan beragam layanan:  
  • Pengaturan janji  
  • Pembukuan  
  • Pembuatan konten  
  • Pelanggan  
  • Mengelola korespondensi dengan pelanggan dan pemasok  
  • Riset pasar  
  • Pertumbuhan Dana dengan Sumber Pendanaan yang Kreatif 
Sebuah bisnis yang sedang berkembang akan membutuhkan modal. Selain sumber tradisional seperti pinjaman usaha dan penjualan ekuitas, ada sejumlah sumber pendanaan kreatif yang dapat menyediakan modal yang dibutuhkan untuk mendanai strategi pertumbuhan Anda.  
  • Crowdfunding: Menawarkan keuntungan kepada investor yang terkait dengan perusahaan Anda (seperti produk gratis) dengan imbalan uang.  
  • Anjak Piutang: Menjual piutang Anda ke perusahaan keuangan yang dikenal sebagai "faktor" yang akan membayar Anda uang di muka sebagai imbalan pendapatan masa depan Anda dari piutang.  
  • Pembiayaan Pemasok: Menemukan pemasok yang bersedia mendanai inventaris Anda dengan produk konsinyasi atau inventaris barang.  
  • Memanfaatkan 401(l) atau IRA Anda: Meminjam pinjaman bisnis jangka pendek tanpa bunga dengan tabungan pensiun Anda.  
  • Anda juga dapat mempelajari secara lebih lanjut tentang sumber pendanaan kreatif ini secara online dan Anda harus berbicara dengan konsultan keuangan. 

Fokus Pada eCommerce

Sementara eCommerce pertama kali muncul pada 1990-an, masih banyak usaha kecil yang belum memanfaatkan penjualan online. Sayangnya, para pengusaha ini kehilangan peluang pertumbuhan. Jika perusahaan Anda tidak memiliki situs eCommerce, maka inilah saatnya untuk menyiapkannya.  

Bagaimana Cara Menumbuhkan Usaha Kecil di Era Digital?

Anda tidak akan pernah bisa bersaing dengan merek lainnya, apalagi mengembangkan merek Anda sendiri tanpa cara untuk menghasilkan penjualan online untuk bisnis Anda. Berikut adalah beberapa cara singkat dari empat langkah yang diperlukan untuk menyiapkan situs eCommerce:  
  • Putuskan produk apa yang ingin Anda jual secara online.  
  • Buat toko online.  
  • Dapatkan akun pedagang dari pemroses pembayaran seperti PayPal, Stripe, atau Square.  
  • Promosikan merek Anda ke target pasar Anda.  
  • Dorong iklan word-of-click
Iklan dari mulut ke mulut adalah salah satu bentuk iklan terbaik yang ada dan salah satu cara terbaik untuk mengembangkan bisnis kecil Anda. Namun, di dunia digital, itu dikenal sebagai iklan word-of-click. Selanjutnya, bisa menjadi pemasaran emas. Berikut ini adalah beberapa contoh iklan word-of-click:  
  • Seorang pengikut Facebook membagikan kiriman Anda 
  • Seorang pengikut Twitter me-retweet tweet Anda  
  • Seorang pengunjung berkomentar di posting blog Anda  
  • Pelanggan email meneruskan buletin Anda  
  • Apa rahasia agar bisa mendorong iklan word-of-click? Anda bisa membuat sebuah konten hebat yang disukai oleh banyak orang dan ingin dibagikan audiens Anda dengan orang lain. 

Buat Beberapa Aliran Pendapatan

Bayangkan saja jika beberapa situs eCommerce hanya menjual satu kategori produk? Oleh karena itu, apakah masuk akal jika bisnis kecil Anda hanya menjual satu kategori produk jika tujuan Anda adalah untuk berkembang? Bukan di era digital. Itulah mengapa Anda sangat perlu untuk membuat beberapa aliran pendapatan. Selain itu, memiliki lebih dari satu aliran pendapatan dapat melindungi profitabilitas perusahaan Anda secara keseluruhan jika satu kategori produk mengalami penurunan penjualan. 

Singkatnya, ide-ide yang disebutkan di atas hanyalah puncak dalam hal menumbuhkan merek Anda di era digital. Selain mempekerjakan orang untuk membantu Anda berkembang, Anda perlu memastikan bahwa mereka adalah orang yang tepat untuk pekerjaan yang tepat. Pastikan Anda memiliki cara untuk mendanai pertumbuhan Anda sehingga akan berkelanjutan. Pastikan Anda memiliki situs yang bagus, karena kemungkinan besar akan menghasilkan sebagian besar penjualan Anda di masa mendatang.  

Postinglah banyak konten menarik dan berkualitas tinggi yang ingin Anda bagikan kepada audiens Anda dengan orang lain di media sosial. Buat aliran pendapatan tambahan untuk mendiversifikasi sumber pendapatan perusahaan dan Anda pasti akan mengembangkan bisnis kecil Anda. Itulah ulasan tentang cara menumbuhkan Usaha Kecil di era digital. Semoga bermanfaat dan saya ucapkan terima kasih.