Cara Kerja dari Pinjaman Bisnis yang Perlu Anda Ketahui

Cara Kerja dari Pinjaman Bisnis yang Perlu Anda Ketahui - Jika Anda belum pernah mengambil pinjaman usaha kecil sebelumnya, maka biasanya Anda akan merasa kewalahan dengan proses pinjaman. Bahkan jika Anda sebelumnya telah disetujui untuk jumlah pinjaman, Anda mungkin perlu untuk memoles pengetahuan pembiayaan Anda sebelum mengajukan pinjaman bisnis.

Proses Pinjaman Usaha Kecil

Proses pinjaman dapat bervariasi tergantung pada pemberi Pinjaman Bisnis. Sebagian besar pemberi pinjaman memerlukan langkah-langkah khusus, seperti tinjauan laporan kredit dan penyelesaian aplikasi. Berikut langkah-langkah yang terlibat dalam aliran persetujuan pinjaman usaha kecil seperti ini:

  1. Buat Rencana Bisnis:  Pemilik usaha kecil kemungkinan akan diminta untuk menyiapkan rencana bisnis yang menjelaskan bagaimana bisnis beroperasi. Mereka juga dapat bertemu dengan pemberi pinjaman bisnis untuk mendiskusikan kebutuhan pembiayaan mereka.
  2. Kirim Aplikasi:  Pemilik harus melengkapi dan menyerahkan aplikasi pinjaman pemberi pinjaman.
  3. Pemberi Pinjaman Menyelesaikan Aplikasi dan Tinjauan Riwayat Kredit:  Pemberi pinjaman akan meninjau aplikasi, memeriksa laporan kredit bisnis, dan menyetujui pinjaman. Anda mungkin didiskualifikasi jika Anda tidak memenuhi persyaratan skor kredit bisnis atau pribadi pemberi pinjaman.
  4. Pemberi Pinjaman Mempersiapkan Penawaran Pinjaman:  Penyedia pinjaman akan menyiapkan dokumen pinjaman.
  5. Penawaran Pinjaman Diselesaikan:  Setelah syarat dan ketentuan otorisasi pinjaman dipenuhi, pinjaman akan ditutup.
  6. Pinjaman yang Diberikan kepada Peminjam:  Hasil pinjaman akan dicairkan berdasarkan syarat dan ketentuan yang disepakati.
  7. Peminjam Membayar Pinjaman:  Sepanjang masa pinjaman, peminjam akan melakukan pembayaran sesuai kesepakatan.
  8. Setelah Saldo Dilunasi, Proses Pinjaman Selesai:  Ketika pinjaman dilunasi, gadai agunan akan dilepaskan, dan wesel akan ditandai sebagai lunas.

Rencana Bisnis dan Tinjauan Aplikasi

Dengan pinjaman berjangka tradisional, pemberi pinjaman usaha kecil akan meminta Anda menyerahkan rencana bisnis dan aplikasi pinjaman. Meskipun aplikasi pinjaman bisnis berbeda dari pemberi pinjaman ke pemberi pinjaman, Anda akan dimintai informasi pribadi dan keuangan, termasuk:

  • Detail kontak Anda
  • Nomor KTP
  • Sifat bisnis Anda
  • Struktur bisnis Anda
  • Proyeksi arus kas
  • Bagaimana pinjaman akan dibelanjakan

Anda juga harus menyerahkan laporan keuangan seperti laporan laba rugi, pengembalian pajak, dan banyak lagi. Seperti yang disebutkan, Anda juga akan mengirimkan rencana bisnis Anda dengan aplikasi pinjaman ini. Ide di balik rencana bisnis adalah untuk membantu pemberi pinjaman keuangan menentukan kelangsungan hidup bisnis Anda. Rencana bisnis Anda minimal harus:

Bagaimana Cara Kerja dari Pinjaman Bisnis yang Perlu Anda Ketahui?

  • Berikan latar belakang tentang bisnis dan diri Anda sendiri.
  • Jelaskan pengalaman tim manajemen Anda.
  • Ringkas aktivitas dan hasil bisnis Anda saat ini.
  • Identifikasi dan jelaskan industri Anda, pelanggan Anda, dan pasar Anda.

Nyatakan berapa banyak uang yang Anda butuhkan, bagaimana Anda menentukan berapa banyak yang Anda butuhkan, dan bagaimana Anda berencana untuk membelanjakan dana pinjaman. Sebagian besar penyedia pinjaman bisnis akan mengharuskan pinjaman digunakan untuk pengeluaran bisnis, seperti real estat, inventaris, atau peralatan, untuk menyebutkan beberapa contoh umum.

Dokumentasi dan Pencairan Pinjaman

Setelah pinjaman bisnis Anda disetujui, dan penjaminan selesai, maka pemberi pinjaman pembiayaan Anda akan mengumpulkan paket dokumen pinjaman. Paket ini adalah perjanjian dalam pinjaman Anda. Sementara berbagai jenis pinjaman memerlukan dokumen tambahan, perjanjian pinjaman pada dasarnya menjabarkan persyaratan pinjaman Anda. Kontrak Anda akan mencakup informasi tentang  berbagai biaya pinjaman , jadwal pembayaran, dan syarat dan ketentuan tambahan lainnya.

Setelah dan pemberi pinjaman bisnis menandatangani dokumen  ini, langkah selanjutnya adalah pemberi pinjaman akan melepaskan dana. Berapa jumlah dan kapan pemberi pinjaman melepaskan dana ini tergantung pada perjanjian. Lebih baik jika mengajukan pertanyaan tentang garis waktu pendanaan sebelum mendaftar sehingga mengetahui berapa lama biasanya waktu yang dibutuhkan.

Pelunasan Pinjaman Usaha Kecil

Setelah Anda menerima dana pinjaman Anda, maka periode pembayaran akan segera dimulai. Perjanjian pinjaman Anda akan mendokumentasikan jumlah dan waktu pembayaran Anda. Namun, biasanya, Anda akan membayar kembali jumlah pinjaman bisnis Anda dengan pembayaran berkala. Masing-masing pembayaran berulang ini akan mencakup pokok dan suku bunga. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang persyaratan pembayaran Anda atau berapa banyak Anda akan membayar bunga. 

Tanyakan kepada pemberi pinjaman Anda sebelum mengambil pinjaman. Anda mungkin akan diizinkan untuk melakukan pembayaran yang jauh lebih besar daripada yang Anda perlukan untuk membayar kembali pinjaman lebih awal. Namun, beberapa pemberi pinjaman akan menilai biaya untuk pelunasan lebih awal. Anda dapat meminta pemberi pinjaman Anda, atau meninjau perjanjian Anda, untuk menentukan apakah Anda dapat membayar kembali pinjaman Anda lebih awal tanpa biaya.

Setelah menyelesaikan pembayaran, pemberi pinjaman bisnis akan menghapus hak gadai pada agunan. Ketika hak gadai dihapus, pemberi pinjaman bisnis tidak lagi memiliki klaim. Kemudian, untuk menandai berakhirnya perjanjian pinjaman Anda, pemberi pinjaman akan menandai catatan Anda sebagai lunas. Itulah ulasan tentang cara kerja dari Pinjaman Bisnis yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.