Cara mengganti DNS di HP Android, Semua Tipe HP

Berbicara tentang DNS artinya kita akan membahas yang berkaitan dengan suatu alamat website atau URL, tanpanya kita tidak ada dapat mengunjungi suatu situs apapun. Sehingga penting sekali untuk mengetahui bagaimana cara setting DNS pribadi di Android atau mengubah DNS tersebut sesuai dengan keinginan. Misal dengan DNS dari Google, Cloudflare, OpenDNS dan lain sebagainya.

Lebih dari itu, fungsi dari mengganti atau ubah DNS di Android agar dapat mengunjungi situs laman website yang diblokir oleh pemerintah. Jadi kita dapat mengunjungi situs apapun tanpa harus memakai VPN yang dapat mengurangi kecepatan akses internet. Lalu bagaimana sih cara mengubah DNS Pribadi di Hp Android? Berikut caranya dibawah ini.

Cara Mengganti DNS di HP Android

Sebelum mengganti atau setting DNS pribadi sendiri, kamu harus mengetahui terlebih dahulu berapa versi Android yang dipakai. Secara umum untuk proses ini dibagi menjadi 2 kubu, yaitu :
  • Android 9.0 atau lebih baru
  • Android 8.0 atau lebih rendah
Kenapa harus mengetahui versi Android yang dipakai? Sebab keduanya akan mempunyai cara yang berbeda-beda dan juga tempat pengaturannya. Namun tenang saja, nanti juga akan diberikan alternatif menggunakan aplikasi sehingga dapat setting DNS Pribadi di Android tanpa peduli berapapun versinya. Namun disini akan dijelaskan terlebih dulu cara yang paling umum dan biasa dipakai.

Kemudian, putuskan akan menggunakan penyedia DNS apa, setidaknya ada 2 pilihan hostname DNS yang dapat kamu coba antara lain sebagai berikut :
  • Goolge : dns.google
  • Cloudflare : 1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com
Setelah itu kamu bisa menerapkannya pada HP android yang kamu pakai, caranya seperti di bawah ini.

Setting DNS Pribadi di Android 9 (atau lebih baru)

Bagi pengguna HP Android versi 9 (pie) ke atas atau yang lebih baru untuk mengganti DNS pribadi sangatlah mudah. Sebab di pengaturan bawaan ponsel sudah disediakan kolom untuk menempelkan hostname dari penyedia DNS, jadi sangat mudah sekali.

Silahkan ikut langkah-langkahnya cara mengubah DNS di HP Android seperti berikut:
  1. Buka menu “Pengaturan” atau Setting
  2. Pilih menu “Koneksi” atau Connection
  3. Pilih menu Lainnya dan cari menu DNS Pribadi
  4. Lalu masukkan Hostname DNS yang ingin dipakai lalu Simpan

Info : Dibeberapa ponsel nama pengaturannya mungkin berbeda-beda, misal seperti “Jaringan dan Internet”. Namun yang pasti menu DNS Pribadi berada dalam satu menu VPN di opsi lanjutan.

Cara Mengganti DNS di Android 8 ke Bawah

Selanjutnya bagi pengguna Android versi 8 (oreo) ke bawah menu DNS belum tersedia. Namun pengguna yang terkoneksi dengan jaringan WIFI dapat mengganti atau mengubah dengan DNS pribadi. Caranya ketika akan terhubung ke SSID WIFI harus mengubah IP dari DHCP menjadi IP STATIS dan memasukkan DNS nya pada menu tersebut, seperti gambar di bawah ini.
Namun cara di atas tidak efisien karena harus mengetahui juga IP Address dan juga gateway dari SSID Wifi yang akan dihubungkan. Alih-alih seperti itu, lebih baik menggunakan salah satu dari cara di bawah ini :

#1. Menggunakan Aplikasi 1.1.1.1 Cloudflare

Opsi yang pertama yang dapat dicoba untuk menggunakan Private DNS dapat mencob aplikasi 1.1.1.1  dari Cloudflare yang dapat diunduh secara gratis.
Cara pakainya sangat mudah sekali, cukup install aplikasi tersebut dari Google Play Store. Kemudian jalankan dan tekan tombolnya dan koneksi di Hp Android kamu akan menggunakan DNS dari Cloudflare tersebut.

#2. Menggunakan Aplikasi DNS Changer

Langkah pertama kamu harus install terlebih dahulu aplikasi DNS Changer dari Play Store lalu jalankan aplikasi tersebut.


Cara setting DNS Pribadi dengan aplikasi ini sangatlah mudah, cukup jalankan lalu pilih penyedia DNS yang ingin dihubungkan. Kemudian kolom DNS1 dan DNS2 akan otomatis terisi, setelah itu kamu hanya perlu menekan tombol Start.

Biasanya jika pertama kali menggunakan aplikasi ini akan ada notifikasi sambungan, silahkan tekan OK dan jaringan internet di Hp Android kamu akan terhubung ke DNS Pribadi.