Aplikasi Trading Jual-Beli Saham Online yang Terdaftar OJK Tahun 2022

Tren kepemilikan saham beberapa tahun ini mulai meningkat karena berbagai kemudahan dalam proses transaksi bisnis. Kecanggihan teknologi informasi juga berimbas pada cara investor untuk membeli saham. Tak heran jika saat ini banyak masyarakat awam yang mulai melek untuk melakukan aktivitas trading saham secara online. Namun, tentunya perlu adanya edukasi yang valid tentang apa itu jual beli saham dan bagaimana sistemnya.

Saham adalah surat bukti kepemilikan suatu perusahaan, sehingga pengertian proses jual beli saham adalah proses transaksi jual beli surat saham di bursa saham terhadap suatu perusahaan yang telah terdaftar dan terbuka untuk dibeli sahamnya oleh masyarakat luas. Perkembangan transaksi saham ini telah berubah dari saham atas unjuk menjadi saham berbasis elektronik untuk memudahkan transaksi dalam bentuk digital.

1. Ajaib

Aplikasi untuk tempat platform online bertransaksi saham yang pertama adalah Ajaib. Aplikasi Ajaib adalah sebuah aplikasi saham yang dimiliki oleh Ajaib Group yang menaungi Ajaib Sekuritas dan Ajaib Reksa Dana. Kelebihan dari aplikasi Ajaib adalah adanya panduan dan rekomendasi yang diberikan bagi pengguna sehingga sangat mempermudah para investor, bahkan investor pemula sekalipun.

Pada aplikasi ini, kamu tidak perlu bingung juga soal cara lapor pajak jual beli sahamnya. Sebab, tarif pajak yang dikenakan sebesar 0,1% dikalikan nilai transaksi jual dan sudah termasuk dalam biaya penjualan saham. Tak hanya itu, kamu juga tidak perlu melakukan deposit dana awal sama sekali untuk membuka rekening saham di aplikasi ini. Fee transaksi penjualan dan pembelian saham di Ajaib juga tergolong murah, yakni sebesar 0,10% untuk transaksi harian di bawah 150 juta rupiah, dan semakin rendah apabila transaksi harian kamu semakin besar.

Gambaran Cara dan Perhitungan Beli Saham di Aplikasi Ajaib

Sebagai gambaran, contoh jual beli saham di Ajaib adalah sebagai berikut. Pertama, contohnya adalah untuk pembelian saham. Misalnya, pada bulan Juli 2020, Ibu Lala melakukan pembelian 10 lot saham PT Kalbe Fama Tbk (KLBF) dengan harga Rp1.300 untuk per sahamnya, dengan fee transaksi beli sebesar 0,15%. Minimal pembeliat satu lot adalah 100 lembar.
  • Transaksi beli: 10 lot x 100 lembar x Rp1.300 = Rp1.300.000
  • Broker fee: 0,15% x Rp1.300.000 = Rp1.950
  • Levy: 0,04% x Rp1.300.000 = Rp520
  • PPN: 0,03% x Rp1.300.000 =Rp390
  • Sehingga, total dana yang harus dikeluarkan oleh Ibu Lala untuk 10 lot KLBF adalah sebesar Rp1.302.860

Gambaran Cara dan Perhitungan Jual Saham di Aplikasi Ajaib

Sementara, untuk contoh penjualan saham di Ajaib adalah sebagai berikut. Misalnya, pada bulan April 2021, Ibu Lala ingin melakukan penjualan saham KLBF miliknya dengan harga Rp1.750/saham dengan fee jual sebesar 0,25%., serta PPh final sebesar 0,1% dari nilai transaksi penjualan saham.
  • Transaksi jual: 10 lot x 100 lembar x Rp1.750 = Rp1.750.000
  • Broker fee: 0,08% x Rp1.750.000 = Rp1.400
  • Levy: 0,04% x Rp1.750.000 = Rp700
  • PPN: 0,03% x Rp1.750.000 = Rp525
  • PPh final: 0,1% x Rp1.750.000 = Rp1.750
  • Sehingga, total dana yang akan diterima oleh Ibu Lala dari seluruh transaksi penjualan saham adalah sebesar Rp1.754.475

2. Bibit

Bagi kamu para investor pemula yang baru belajar investasi di bidang bermain saham, Bibit bisa dijadikan pilihan tepat. Sebab, Bibit menyediakan fitur transaksi otomatis yang tidak perlu kamu lakukan secara manual. Terlebih lagi, Bibit juga sudah diawasi dan terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Kelebihan Aplikasi Bibit

Aplikasi Bibit menawarkan berbagai kelebihan untuk penggunanya seperti berikut ini.
  • Registrasi yang dapat dilakukan secara online
  • Pembelian investasi reksadana yang gratis tanpa biaya komisi
  • Investasi dapat dicairkan kapan saja tanpa adanya penalti
  • Adanya fitur Robo Advisor yang membuat penggunanya daoat memilih jalur investasi berdasarkan penghasilan dan dana yang ingin dialokasikan
  • Investor dapat menyesuaikan alokasi investasi berdasar profil risiko
Tak hanya itu, Bibit dari PT. Bibit Tumbuh Bersama juga menawarkan berbagai opsi investasi lainnya, seperti reksa dana pasar uang, obligasi, dan lainnya.

3. Indopremier IPOT

Indopremier merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jual dan beli saham secara online. Ini yang membuat Indopremier meluncurkan Indopremier IPOT sebagai layanan jual beli saham yang terpercaya dan mudah diakses oleh siapa saja. IPOT besutan Indopremier ini telah dilengkapi dengan digitalisasi pembukaan rekening efek saham dan reksadana sehingga kamu tidak butuh tanda tangan di atas kertas untuk melakukan transaksi. Bisa dibilang Indopremier IPOT termasuk ke dalam pionir perusahaan transaksi saham online terpercaya yang juga memberikan fasilitas pelatihan dan seminar untuk memberikan edukasi dan motivasi kepada para nasabahnya untuk aktif dalam dunia jual dan beli saham menggunakan Indopremier IPOT.

Ketentuan dan Cara Beli Indopremier IPOT

Adapun beberapa ketentuan yang diberlakukan oleh Indopremier dalam transaksi saham online adalah:
  • Tidak ada minimum deposit saat membuka akun
  • Deposit baru diisi saat akan melakukan transaksi
  • Fee jual beli saham IPOT adalah 0,29% per transaksi untuk penjualan saham, dan fee beli saham sebesar 0,19% per transaksi

Syarat Daftar Indopremier IPOT

Syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftar di Indopremier IPOT antara lain:
  • KTP
  • NPWP
  • Rekening bank

Keunggulan Indopremier IPOT

Beberapa keunggulan dari Indopremier IPOT antara lain:

  • Mendaftar akun lewat aplikasi tanpa tatap muka dan pemberkasan
  • Deposit diisi saat akan melakukan transaksi dan sesuai dengan nominal transaksi yang dilakukan
  • Layanan pelanggan 24 jam melalui akun Telegram memudahkan siapa saja untuk menjawab keluhan
  • Fitur trading yang mudah digunakan untuk para pemula
  • Saham terintegrasi dengan reksadana dan sangat mudah untuk dialihkan dan saling terhubung
  • Fitur Robot Trading yang otomatis menjalankan seluruh instruksi jual dan beli saham online dalam waktu yang nyata (Real Tme)

Kekurangan Indopremier IPOT

Kekurangan dari aplikasi ini adalah fee untuk melakukan transaksi saham di Indopremier IPOT sedikit lebih besar dibanding sekuritas lainnya.

5. Stockbit

Sangat mudah melakukan jual dan beli saham perusahaan menggunakan aplikasi online. Salah satunya adalah Stockbit yang memang awalnya terbentuk dari komunitas forum trading investasi saham atau Social Trading. Kamu bisa menambah wawasan dan jaringan dengan bertemu sesama pejuang trading dan transaksi saham.

Forum komunitas jual dan beli saham seperti Stockbit sangat diperlukan dan kamu justru harus masuk ke dalamnya karena informasi terkait transaksi saham terkini bisa didapatkan dengan valid. Saham merupakan instrumen investasi yang sensitif dengan media pemberitaan, analisa tak valid, dan juga rumor dari sumber yang tak jelas.

Semua hal itu akan disaring di dalam stockbit dan kamu akan mendapatkan informasi dan cara jual dan beli saham yang tepat. Data-data yang disajikan dalam stockbit merupakan data yang valid dan mudah untuk diakses. Jika kamu tidak percaya dengan data yang diberikan, kamu bisa melakukan kroscek ke sumber langsung atau pihak terkait. Orang-orang yang ada di dalam Stockbit memiliki pemikiran segar dan selalu baru sehingga tampilan aplikasi jual dan beli saham yang disuguhkan juga sangat menarik dan mudah digunakan oleh pemula.

Sebelum kamu melangkah lebih jauh berkutat dengan Stockbit dalam proses jual beli saham, maka ada beberapa fitur penting yang bisa diandalkan dalam Stockbit, antara lain:
  • Forum chatting berisi para member yang paham dan juga sedang berkutat dalam dunia saham dan reksadana
  • Data saham yang komprehensif bisa diakses dengan mudah sehingga kamu bisa menganalisa sendiri tentang perkembangan saham suatu perusahaan
  • Fasilitas transaksi saham yang pastinya diminati semua member mulai dari pemula hingga yang tingkat profesional melalui kerjasama dengan Sinarmas Sekuritas
Saat menggunakan fasilitas jual beli saham di Stockbit, kamu akan dihubungkan dengan Sinarmas Sekuritas sebagai lembaga yang terdaftar dan terpercaya mengingat Stockbit hanya sebuah forum diskusi para member. Jadi untuk pembukaan rekening di Stockbit, kamu bisa melakukannya secara online dan pengiriman berkas dokumen berbentuk salinan ke pihak Sinarmas. Prosesnya membutuhkan waktu lebih dari seminggu sehingga kamu harus menunggu untuk bisa mengakses semua fitur transaksi saham melalui Stockbit ini.

6. Sinarmas

Geliat Sinarmas dalam dunia fintech sepertinya memang bisa diakui jempol. Selain memberikan pelayanan tentang pinjaman online, Sinarmas juga meluncurkan produk aplikasi transaksi saham online.

Cara Beli Saham di Sinarmas

Kamu bisa daftar saham online melalui Sinarmas Sekuritas dengan beberapa ketentuan berikut ini:
  • Cara beli saham di awal adalah dengan memilih pilihan layanan yang bisa dipilih oleh nasabah yaitu Bank Sinarmas, Bank Niaga, dan BCA
  • Fee online trading jual beli online dari Sinarmas adalah beli 0,15% dan jual 0,25%
  • Minimum deposito awal pembukaan rekening sebesar Rp500 ribu

Syarat Daftar Sinarmas

Syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftar di Sinarmas antara lain:
  • Berumur minimal 21 tahun atau sudah menikah
  • Memiliki KTP
  • Memiliki NPWP
  • Memiliki rekening bank

Keunggulan Aplikasi Transaksi Saham Online dari Sinarmas

Bagi kamu yang masih pemula, tampilan aplikasi jual beli saham online yang dibesut Sinarmas cukup lengkap fiturnya. Aplikasi ini juga termasuk user friendly yang mudah digunakan.

Kekurangan Aplikasi Transaksi Saham Online dari Sinarmas

Perlu kamu ketahui bahwa jika dalam jangka waktu 6 bulan atau 180 hari saldo di rekening kurang dari Rp500 ribu, maka pihak Sinarmas akan menonaktifkan akunmu. Ini yang membuat kamu harus aktif dalam melakukan transaksi di Sinarmas.