Kamus Istilah Lengkap Dalam Crypto Yang Wajib Kamu Ketahui


Ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui tentang cryptocurrency. Berikut adalah kamus istilah cryptocurrency untuk ditambahkan ke dalam daftar kosakata kamu :

Address

Koin Cryptocurrency diidentifikasi di blockchain dengan address/alamat unik. Tanpa alamat, tidak ada koin yang disimpan; blockchain tidak dapat mengkonfirmasi atau memverifikasi keberadaannya.

Setiap kali transaksi dikonfirmasi, nilai dompet kamu diperbarui berdasarkan alamat kamu. Address mungkin muncul dalam format yang berbeda tergantung pada mata uangnya, tetapi sebagian besar terlihat seperti ini: 17VZNX1SN5NtKa8UQFxwQbFeFc3iqRYhem (ini adalah alamat fiktif, hanya sebagai contoh address).

Altcoin

Altcoin adalah koin apa pun yang bukan Bitcoin. Altcoin dapat berupa apa saja mulai dari koin terpopuler kedua, Ethereum, hingga ribuan koin dengan nilai pasar yang sangat minim. 

Bitcoin

Cryptocurrency pertama dan paling berharga, diluncurkan pada 3 Januari 2009. Meskipun nilainya terus meningkat sejak saat itu, ia telah mengalami fluktuasi. Dalam beberapa bulan terakhir saja, harga Bitcoin telah berfluktuasi dari rekor tertinggi $60.000 menjadi di bawah $30.000.

Bitcoin Cash

Sistem uang tunai elektronik peer-to-peer yang terbentuk dari garpu Bitcoin asli. Di mana Bitcoin diterima secara luas karena terlalu fluktuatif untuk digunakan sebagai mata uang, Bitcoin Cash dirancang agar lebih dioptimalkan untuk transaksi.

Block

Kumpulan data dalam blockchain. Pada blockchain cryptocurrency, blok terdiri dari catatan transaksi saat pengguna membeli atau menjual koin. Setiap blok hanya dapat menampung sejumlah informasi tertentu. Setelah mencapai batas itu, blok baru dibentuk untuk melanjutkan rantai.

Blockchain

Suatu bentuk pencatatan digital, dan teknologi yang mendasari di balik cryptocurrency. Blockchain adalah hasil dari blok berurutan yang membangun satu sama lain, menciptakan buku besar transaksi (atau data lainnya) yang permanen dan tidak dapat diubah.

Koin

Toko perwakilan nilai digital yang hidup di jaringan blockchain atau cryptocurrency tertentu. Beberapa blockchain memiliki nama yang sama untuk jaringan dan koin, seperti Bitcoin. Yang lain dapat memiliki nama yang berbeda untuk masing-masing, seperti blockchain Stellar, yang memiliki koin asli yang disebut Lumen.


Coinbase

Pertukaran cryptocurrency terpusat yang populer. Coinbase baru-baru ini membuat sejarah sebagai pertukaran cryptocurrency pertama yang go public di Nasdaq.

Cold Wallet

Metode aman untuk menyimpan cryptocurrency Anda sepenuhnya offline. Banyak dompet dingin (juga disebut dompet perangkat keras) adalah perangkat fisik yang terlihat mirip dengan drive USB. Dompet jenis ini dapat membantu melindungi kripto Anda dari peretasan dan pencurian, meskipun dompet ini juga memiliki risikonya sendiri – seperti kehilangannya, bersama dengan kripto Anda.

Cryptocurrency

Jenis mata uang yang digital dan terdesentralisasi. Cryptocurrency dapat digunakan untuk membeli dan menjual barang, atau sebagai penyimpan nilai jangka panjang.

Desentralisasi

Prinsip mendistribusikan kekuasaan jauh dari titik pusat. Blockchain secara tradisional terdesentralisasi karena memerlukan persetujuan mayoritas dari semua pengguna untuk mengoperasikan dan membuat perubahan, daripada otoritas pusat.

Decentralized Finance (DeFi)

Kegiatan keuangan yang dilakukan tanpa melibatkan perantara, seperti bank, pemerintah, atau lembaga keuangan lainnya.

Decentralized Applications (DApps)

Aplikasi yang dirancang oleh pengembang dan digunakan di blockchain untuk melakukan tindakan tanpa perantara. Aktivitas keuangan terdesentralisasi seringkali diselesaikan menggunakan aplikasi terdesentralisasi. Ethereum adalah aktivitas pendukung jaringan utama dalam keuangan terdesentralisasi.

Digital Gold

Para ahli terkadang membandingkan cryptocurrency tertentu dengan emas asli berdasarkan cara penyimpanan dan peningkatan nilainya. Bitcoin sering disebut sebagai emas digital.

Ethereum

Cryptocurrency terbesar kedua berdasarkan volume perdagangan, Ethereum adalah jaringan crypto dan platform perangkat lunak yang dapat digunakan pengembang untuk membuat aplikasi baru, dan memiliki mata uang terkait yang disebut eter.

Exchange

Pertukaran cryptocurrency adalah pasar digital tempat Anda dapat membeli dan menjual cryptocurrency.

Fork

Saat pengguna blockchain membuat perubahan pada aturannya. Perubahan pada protokol blockchain ini sering kali menghasilkan dua jalur baru — jalur yang mengikuti aturan lama, dan jalur blockchain baru yang terpisah dari jalur sebelumnya. (Contoh: Bitcoin fork menghasilkan Bitcoin Cash).

Gas

Biaya yang harus dibayar pengembang ke jaringan Ethereum untuk menggunakan sistem. Gas dibayar dalam eter, mata uang kripto asli Ethereum.

Genesis Block

Blok pertama dari cryptocurrency yang pernah ditambang.

HODL

Singkatan dari “Hold On for Dear Life” meskipun istilah tersebut berasal dari kesalahan ketik pengguna di forum Bitcoin pada tahun 2013. Ini mengacu pada strategi investasi pasif di mana orang membeli dan memegang cryptocurrency alih-alih memperdagangkannya dengan harapan meningkat nilainya.

Halving

Sebuah fitur yang ditulis ke dalam kode Bitcoin di mana setelah sejumlah blok ditambang (biasanya setiap empat tahun) jumlah Bitcoin baru yang masuk ke sirkulasi akan berkurang setengahnya. Halving dapat berdampak pada harga Bitcoin.

Hash

Serangkaian angka dan huruf unik yang mengidentifikasi blok dan terikat dengan pembeli dan penjual kripto.


Hot Wallet

Dompet cryptocurrency berbasis perangkat lunak yang terhubung ke Internet. Meskipun lebih nyaman untuk mengakses kripto Anda dengan cepat, dompet ini sedikit lebih rentan terhadap peretasan dan serangan keamanan siber daripada dompet offline, sama seperti file yang Anda simpan di cloud mungkin lebih mudah diretas daripada yang dikunci di brankas di rumah Anda.

Initial Coin Offering (ICO)

Cara mengumpulkan dana untuk proyek cryptocurrency baru. ICO mirip dengan Initial Public Offerings (IPOs) saham.

Kapitalisasi pasar

Kapitalisasi pasar Cryptocurrency mengacu pada nilai total semua koin yang telah ditambang. Anda dapat menghitung kapitalisasi pasar kripto dengan mengalikan jumlah koin saat ini dengan nilai koin saat ini.

Know Your Customer (KYC)

Mungkin akan muncul jika kamu mengambil pendekatan yang lebih umum untuk membeli kripto. Platform utama seperti Binance dan Coinbase memerlukan KYC sebagai bagian dari proses orientasi mereka. KYC mengacu pada "mengetahui pelanggan Anda". Regulator memerlukan pemeriksaan latar belakang identitas untuk klien perbankan baru sebagai sarana untuk mencegah pencucian uang dan pendanaan teroris. Regulasi keuangan kripto akan tetap ada.

Minning/Pertambangan

Proses di mana koin cryptocurrency baru tersedia dan log transaksi antar pengguna dipertahankan.

Node

Komputer yang terhubung ke jaringan blockchain.

Non-fungible Tokens (NFT)

Token yang tidak dapat dipertukarkan.

Peer-to-peer

Dua pengguna berinteraksi secara langsung tanpa pihak ketiga atau perantara.

Proof Of Authority (PoA)

Dalam blockchain yang dioperasikan di bawah Proof of Authority (PoA), beberapa node tertentu diberikan hak (atau otoritas) untuk menyetujui kemampuan penambang untuk membuat blok. Ini adalah alternatif yang lebih cepat untuk model proof-of-work, tetapi lebih terpusat.

Proof Of Work (PoW)

Proof of Work adalah metode yang lebih tradisional untuk memberi penghargaan kepada penambang atas usaha mereka. Ini membutuhkan penambang untuk menunjukkan upaya mereka dengan mengikat variabel ke proses hashing transaksi. Blok hash membuktikan pekerjaan telah selesai dan memberi penghargaan kepada penambang. Ini memakan banyak energi.

Proof Of Stock (PoS)

Proof of Stake memungkinkan seseorang untuk memvalidasi atau menambang cryptocurrency berdasarkan jumlah koin yang dia miliki. Di bawah model ini, idenya adalah bahwa penambang akan cenderung tidak menyerang jaringan jika mereka memiliki kepentingan dalam permainan.

Public Key

Alamat dompet Anda, yang mirip dengan nomor rekening bank Anda. Anda dapat membagikan kunci dompet publik Anda dengan orang atau institusi sehingga mereka dapat mengirimi Anda uang atau mengambil uang dari akun Anda saat Anda mengizinkannya.

Private Key

Kode terenkripsi yang memungkinkan akses langsung ke cryptocurrency Anda. Seperti kata sandi rekening bank Anda, Anda tidak boleh membagikan kunci pribadi Anda.

Satoshi Nakomoto

Pencipta pseudonim Bitcoin. Tidak ada yang tahu identitas sebenarnya dari Nakomoto — atau apakah itu lebih dari satu orang.

Seed

Seed adalah dasar dari keberadaan digital dompet kamu. Seed pemulihan adalah rangkaian dua belas, terkadang enam belas kata yang dapat digunakan untuk mengakses dompet Anda jika terjadi kesalahan dan kehilangannya.

Seed pemulihan sama dengan mengajukan dua belas pertanyaan keamanan untuk kata sandi yang terlupakan. Tetapi mengorbankan frasa keamanan ini akan menghabiskan banyak uang, jauh lebih banyak daripada kehilangan akun Facebook. Setelah dompet kamu disusupi, dana kamu hilang selamanya. Jadi jangan bagikan ini dengan siapa pun.

Segregated Witness (SEGWIT)

Istilah teknologi lainnya, SEGWIT mengacu pada proses yang memisahkan data tanda tangan digital dari data transaksi. Hal ini memungkinkan lebih banyak transaksi untuk ditampung dalam satu blok, meningkatkan kecepatan transaksi. Sederhananya, ini adalah nilai tambah yang bagus untuk blockchain.

Smart Contract/Kontrak Cerdas

Program algoritmik yang memberlakukan persyaratan kontrak secara otomatis berdasarkan kodenya. Salah satu proposisi nilai utama dari jaringan Ethereum adalah kemampuannya untuk mengeksekusi kontrak pintar.

Stablecoin atau Fiat Digital

Stablecoin mematok nilainya ke beberapa mata uang atau komoditas non-digital lainnya. Fiat digital mewakili fiat, atau mata uang yang didukung pemerintah di blockchain. (Contoh: Tether, yang dipatok ke dolar AS)

Token

Unit nilai pada blockchain yang biasanya memiliki beberapa proposisi nilai lain selain hanya transfer nilai (seperti koin).

Vitalik Buterin

Programmer yang menemukan Ethereum pada tahun 2015.

Wallet

Tempat untuk menyimpan kepemilikan cryptocurrency Anda. Banyak bursa menawarkan dompet digital. Dompet mungkin panas (online, berbasis perangkat lunak) atau dingin (offline, biasanya di perangkat).

Whale/Paus

Whale adalah istilah yang digunakan untuk alamat Bitcoin paling berharga. Ada sekitar 2000 alamat paus Bitcoin, dan hanya tiga yang memiliki lebih dari 100.000 BTC, menurut BitcoinPlay.